Kumpulan komentar pribadi

Renungan Pribadi dari DailySocial TV di Youtube


Udah lama ga berkunjung ke DailySocial, aku seneng liat channelnya di youtube yang ngeliput kantor-kantor startUp dan perusahaan IT kaya Nodeflux, RedDoorz, sampai kantor Google Indonesia. Dari situ aku lumayan dapat gambaran kaya apa sih rasanya kerja di perusahaan startUp.

Dari situ juga aku jadi merenung tentang diriku yang sekarang dan juga perkerjaanku. Kalau mau dibandingkan dengan bekerja di perusahaan startUp, untuk tempat kerja tentu jauh lebih nyaman kerja di perusahaan startUp. Dengan usiaku yang sudah diatas 30 tahun, aku perlu berpikir berkali kali untuk pindah ke perusahaan startUp.

Kenapa aku kepikiran kerja diperusahaan startUp?

Sebenernya awalnya karena ada penawaran dari head hunter via linkedIn untuk sebuah posisi di perusahaan startUp asing. Secara gaji dia berani menawarkan lebih gedhe dari gajiku bulanan sekarang. Hanya secara take home pay per tahunnya kayanya kalau dihitung-hitung ya kurang lebih aja. Itu aja sih . . .

Nah pas liat video dari DailySocial aku pikir kog pegawai startUp muda-muda banget ya. Trus kerjaan mereka kayanya bener-bener padat karya banget. Aku jadi kepikiran, makin lama kan aku makin tua. Andaikan aku pindah ke perusahaan startUp kira-kira 10 - 15 tahun lagi bakal nempatin posisi apa ya?

Trus kalau udah senior banget, apakah aku masih bisa ngikutin perkembangan teknologi yang begitu cepat? Kalau aku ga bisa ngikutin, gimana ya nasibku kelak?

Renungan lain terkait kerja diperusahaan startUp adalah kondisi ekonomi dunia yang VUCA Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (kompleks), dan Ambigue (tidak jelas) apalagi di tengah pandemi Covid19 ini. Kayanya rawan banget kena PHK atau dirumahkan atau dipotong gaji. Sementara kebutuhan hidup tuh ga semakin ringan, apalagi sudah berrumah tangga.

Setelah diskusi dengan istri dan minta nasehat teman-teman akhirnya aku putuskan untuk tetap stay diperusahaan yang sekarang. Memang secara pengembangan skill ga bisa seperti startUp. 

Perusahaan tempat aku kerja sekarang pegawainya puluhan ribu. Beda dengan startUp yang jumlahnya belum sampai puluhan ribu, jauh lebih diperhatikan pengembangan diri dan skill nya.

Kelebihan kerja di perusahaan startUp adalah mayoritas penempatan di kota besar di Jawa seperti Jakarta, Bandung, Jogja atau Surabaya. 

Kalau diperusahaanku kerja ini penempatan seluruh Indonesia, bahkan dalam 3 tahun sekali bisa pindah2 kota. Repot juga kalau anak sudah sekolah kalau pindah pindah kota. Selain itu untuk balik ke daerah asal luar biasa sulitnya. Aku pernah lulus tes untuk pindah ke Jakarta saja masih tidak bisa keluar dari kota penempatanku sekarang.

Jalan Tengah

Aku pikir jalan terbaik adalah dengan belajar mandiri tentang IT yang sudah lama aku tinggalkan. Mulai lihat tutorial seperti di Sekolah Koding (gratis), Pluralsight (gratis selama April 2020), youtube dan juga podcast seperti ceritanya developer dan kode nol. Bener bener ngebuka kembali wawasan pengetahuan seputar IT yang udah lama banget aku tinggalkan sejak lulus kuliah.

Nah rencananya progress aku belajar kembali tentang IT bakal aku tulis di blog ini. Semangatnya adalah untuk dokumentasi pribadi buat dijadiin milestone ku belajar. Siapa tahu ada yang baca dan dapat masukan atau yang baca dapat penegetahuan kayanya bakal bermanfaat.

Oke deh, sesi curhat kali ini aku sudahi dulu. Next kalau ada hal-hal yang pengen aku komentarin bakalan aku post di blog ini.

Trims - JPamZ


Labels:

Post a Comment

Daftar Harga Smartphone Realme 18 Mei 2020 di Indonesia

Logo Realme Hallo gaes, berikut harga smartphone realme per 18 Mei 2020 ya : - Realme C2 (2/32GB) = 1.599.000 - Realme C2 (3/32GB) =...

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget