Kumpulan komentar pribadi

Perbandingan Android Studio dan Intellij IDEA Untuk Pemula Belajar Kotlin


Dulu aku pernah kuliah di jurusan Sistem Informasi. Cuman kurang mendalami pemrograman karena asik cari duit diluar pemrograman. Mulai serius belajar pemrograman itu setelah dapat beasiswa dan menjelang akhir masa kuliah (kerja praktek dan cari judul skripsi.

Sebenernya udah lama ngeliat potensi bisnis berbasis mobile itu bakalan booming. Pada saat itu ada blackberry masih merajai smartphone, windows phone masih eksis, android dan iphone juga udah ada. Tapi pada akhirnya aku bikin aplikasi desktop pakai visual studio 2010 dengan bahasa pemrograman Visual Basic .net. Karena menurutku lumayan mudah, ada dosen yang aktif di microsoft bahkan jadi MVP juga. Trus IDE Visual Studio 2010 tuh bener-bener oke banget bagiku. 

Aku pernah coba-coba belajar bikin aplikasi mobile, ternyata butuh memory ram yang gedhe. PC ku dulu kalau ga salah cuman 2 Giga DD2 dan itu ga cukup! Udah install android studio, eeee mau bikin hello world aja ga bisa.

Trus pas ada rezeki bisa beli laptop dengan ram 4 Giga DDR 3 kalau ga salah itu udah mulai bisa bikin hello world tapi lemotnya minta ampun. Karena bad experience itu membuatku jadi mundur belajar untuk bikin aplikasi mobile.

Setelah kerja 7 tahun diluar IT akhirnya aku bisa beli Lenovo Yoga C640 yang punya ram 8 Giga DDR4. Nah dengan laptop ini ternyata cuman pas-pasan aja buat bikin hello world pakai Android Studio. Mungkin biar agak lega harusnya cari laptop yang ramnya 16 GB kali ya?

Trus aku mikir lagi, kalau maksa banget belajar bikin mobile apps tapi kondisinya kaya gini ya ga bakalan jago. Apalagi udah 7 tahun meninggalkan dunia IT dan fokus ke sales. Aku coba cari alternatif buat back to basic belajar bahasa pemrograman kotlin dari 0 pake software IntelliJ Idea.

Ternyata IDE ini sangat ringan dan bisa bikin hello world dengan cepat.


Jadi sharing pertama dari belajar kotlin yang pertama adalah pake Intellij Idea aja dulu, sementara lupakan android studio yang berat itu. Yang penting paham dulu basicnya, sambil ngumpulin rejeki buat beli PC atau laptop yang RAM nya gedhe buat mainan Android Studio heheeee.


Labels:

Post a Comment

Daftar Harga Smartphone Realme 18 Mei 2020 di Indonesia

Logo Realme Hallo gaes, berikut harga smartphone realme per 18 Mei 2020 ya : - Realme C2 (2/32GB) = 1.599.000 - Realme C2 (3/32GB) =...

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget