Kumpulan komentar pribadi

Penjelasan Hello World Kotlin


Oke gaes ini artikel lanjutan dari postingan sebelumnya ya, kalian bisa buka di sini.

Bukan  bim salabim abra kadabra ya gaes, jadi setelah kalian menekan tombol run ada beberapa proses yang terjadi sampai muncul tulisan yang didalam garis merah seperti foto diatas.

Intellij IDEA meng-compile kode program yang kita tulis menjadi Java Virtual Machine Bytecode. Boleh dibilang dalam bahasa awamnya kode program yang kita tulis di cek dan diubah menjadi bahasa mesin.

Kalau didalamnya ditemukan kesalahan biasanya akan muncul notifikasi error dari Intellij IDEA. Karena kebetulan pada percobaan pertama saya di atas itu tidak ada yang error maka prosesnya Aplikasinya.kt dicompile sehingga menghasilkan AplikasinyaKt.class

Selanjutnya Intellij IDEA menghidupkan java virtual machine dan menjalankan AplikasinyaKt.class sehingga muncul Hello World Kotlin. 

Terkait kode program yang saya tulis di Aplikasinya.kt :
fun main(args : Array<String>){
    println("Hello World Kotlin!")
}
sedikit penjelasannya sbb :

fun -> ini bukan artinya gembira ya gaes he3 . . . ini singkatan dari function atau fungsi. (apa itu fungsi? penejelasannya nanti ya)

main -> ini juga bukan artinya bermain, tapi ini adalah nama dari function yang dibuat. Dalam sebuah program yang pertama kali akan dijalankan adalah function ini. Sifatnya wajib harus ada. Kalau kalian hapus function ini, niscaya program tidak akan jalan.

(args : Array<String>)  -> ini adalah parameter fungsi atau function's parameters yang berada diantara dua tanda kurung. Parameter ini diberikan sebuah Array dengan tipe data String.

Array itu sendiri boleh dibilang semacam tempat atau kotak gitu deh, kalau dibilang kontrainer takutnya ntar bikin bingung sama kontainer yang ada di server. Biasanya Array itu berisi satu tipe data. (apakah tipe data? Penjelasannya di postingan berikutnya ya gaes, semoga ga lupa he3)

Array yang dibuat tadi diberinama args.

Setelah itu kan kode yang kita tulis berada diatas dua kurung kurawal ya {}. Di dalamnya ada println.
Println -> adalah sebuah method (apa itu method? Penjelasannya nanti ya gaes :) )untuk menampilkan output dari program.

Berhubung yang mau ditampilkan itu tipe String, maka diberi dua tanda petik ganda  seperti ini "".

Kurang lebih seperti itu penjelasan dari sebuah program sederhana "Hello World Kotlin!"





Labels:

Post a Comment

Daftar Harga Smartphone Realme 18 Mei 2020 di Indonesia

Logo Realme Hallo gaes, berikut harga smartphone realme per 18 Mei 2020 ya : - Realme C2 (2/32GB) = 1.599.000 - Realme C2 (3/32GB) =...

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget