Kumpulan komentar pribadi

Cara Membuat Hello World Dengan Kotlin Menggunakan Intellij IDEA




Tampilan Halaman Download Intellij IDEA

Oke gaes, jadi langkah pertama untuk belajar Kotlin yang aku tempuh adalah download software untuk menulis kode program Kotlin. Sebenarnya dipostingan sebelumnya aku dah jelasin kalau aku coba-coba download dan install Android Studio dan juga Intellij IDEA.

Itu ibarat ketemu simpangan jalan dan harus memilih yang mana? Aku ga bisa pilih keduanya bareng karena memang secara basic bahasa pemrograman udah banyak lupa. Jadi yang pertama aku lakukan adalah belajar bahasa pemrogramannya dulu, baru setelah itu aku belajar develop Apps. 

Nah untuk pemula yang belajar bahasa pemrograman Kotlin, sebenernya Intellij IDEA versi gratis (versi community) itu udah lebih dari cukup. Software ini jauh lebih ramah mesin laptop daripada Android Studio yang menuntut spesifikasi yang tinggi menurutku.

Untuk download software Intellij IDEA kalian bisa ambil dari link berikut ini :Download Intellij IDEA

Untuk proses instalasi kayanya aku ga perlu jelaskan, bisa cari tutorialnya di youtube.

Beberapa fitur yang ada di Intellij IDEA adalah :

1. Code Editor
Kalau dibandinngkan dengan notepad / ms. word buat ngetik program tentunya perbedaannya sangat jauh karena beda peruntukannya. Code editor di Intellij IDEA bisa membantumu mengetik program lebih cepat dengan code complation. Jadi kaya ketik beberapa syntax lalu tekan tombol Tab dan code editor akan membantu menyelesaikan penulisan kode program selanjutnya.

Kode program yang kita tulis juga diberi warna warna yang berbeda untuk memudahkan kita dalam membaca program. Misalkan terjadi kesalahan atau error, software ini bisa memberikan saran perbaikan bahkan bisa mengoreksi secara otomatis. keren kan? Kalau pakai notepad atau ms. word mana bisa?

2. Build Tools
Jadi misalkan kita udah selesai nih nulis program, dan pengen lihat program ini dijalankan. Software ini membantu compile dan run sehingga dengan cepat kita bisa melihat program yang kita tulis bekerja.

3. Kotlin REPL
Ini fitur keren juga yang membantu kita untuk coba-coba menulis bahasa pemrograman diluar halaman kode pemrogaman utama kita. Misalkan kita lagi buat program untuk bikin aplikasi hitung usia. Nah untuk logika hitung usianya bisa kita uji cobakan dulu di REPL sebelum kita masukkan ke halaman utama tempat kita meletakkan kode program hitung usia tadi. Keren kan?

Tampilan Awal Intellij IDEA
Tampilan awal Intellij IDEA yang berhasil di install kurang lebih seperti gambar diatas. Kebetulan saat saya menulis artikel ini saya pakai versi 2020.1. Mungkin pada saat kalian baca artikelku ini tampilannya bisa agak berbeda ya harap maklum ya gaes.

Langkah selanjutnya adalah

1. Create new Project

Pilih menu dengan logo + Create New Project di halaman awal tadi.

New Project Itellij IDEA

2. Pilih Project

Nah kalau dilihat gambar di atas keliatan bahwa sebenernya ada banyak pilihan project yang bisa dibuat. Sekarang kita fokus dulu ke Kotlin jadi di daftar menu sebelah kiri pilih Kotlin dan di menu sebelah kanan pilih JVM | IDEA. Setelah itu tekan tombol Next.

Apa itu JVM?

Kalau nyomot dari Wikipedia JVM adalah :
JVM merupakan perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus agar terlepas dari ketergantungan atas perangkat keras serta sistem operasi tertentu. JVM menyediakan lingkungan kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi berbasis java serta mengotomatisasikan fitur-fitur seperti penanganan kesalahan. JVM umumnya didistribusikan bersama dengan seperangkat pustaka dasar yang mengimplementasikan antarmuka pemrograman aplikasi java, Application Programming Interface' (API) yang dinamai sebagai Java Runtime Environment (JRE).
Program yang dieksekusi oleh JVM merupakan program berbasis bytecode yang umumnya ditulis dan dikompilasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, tetapi saat ini bisa juga berasal dari bahasa pemrograman lain seperti: Jython (Python), Groovy, JRuby (Ruby).
Mesin virtual java standarnya dibuat oleh Oracle, tetapi mesin-mesin virtual java lainnya yang menggunakan merek dagang "JAVA" boleh dibuat oleh perusahaan lain sejauh produk-produk tersebut tunduk pada spesifikasi yang ditetapkan serta kesepakatan atas kontrak obligasi antara perusahaan pembuat dengan Oracle.
3. Ubah nama project

- Ubah nama project menjadi HelloWorld pada textbox Project Name.
- Tekan tombol finish.
Tampilan awal project hello world Kotlin
Pada bagian kiri ada tab tulisan vertial 1. Project, disitulah terdapat file explorer project kita. Nah sementara memang masih kosong, untuk itu perlu kita tambahkan sebuah file Kotlin untuk kita tulis program Hello World!

4. Buka Folder HelloWorld


Tambahkan file Kotlin

Klik pada icon segitiga disebelah HelloWorld, kemudian klik kanan pada folder src -> New -> Kotlin File/Class.
Beri nama File Kotlin

Misalkan kita beri nama Aplikasinya lalu tekan enter. Maka akan muncul file di dalam folder src bertuliskan Aplikasinya.kt.

5. Masukkan kode programnya

Tuliskan kode program berikut dalam file Aplikasinya.kt :
fun main(args : Array<String>){
    println("Hello World Kotlin!")
}
Kode Hello World
6. Jalankan programnya


Jalankan Aplikasinya


Jalan program Aplikasinya dengan menekan tombol segitiga disebelah fun, pilih Run 'Aplikasinya.kt'. Jika muncul window baru pilih Aplikasinya.kt. Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini, bukti kamu berhasil membuat Hello World dengan bahasa pemrograman Kotlin. Selamat! :)

Hello World Kotlin








Labels:

Post a Comment

Daftar Harga Smartphone Realme 18 Mei 2020 di Indonesia

Logo Realme Hallo gaes, berikut harga smartphone realme per 18 Mei 2020 ya : - Realme C2 (2/32GB) = 1.599.000 - Realme C2 (3/32GB) =...

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget