Kumpulan komentar pribadi

Xiaomi Vendor Wearable Device Terbesar

Xiaomi Band


Komentarku.com - Anda penggemar berat produk-produk buatan Xiaomi? Ada kabar gembira buat anda. Dilansir dari situs-situs china dan amerika Xiaomi tahun 2017 telah menjadi vendor wearable tersebesar di dunia. Ini adalah prestasi yang pertama kali diraih oleh Xiaomi, sebuah pencapaian luar biasa sehingga bisa mengalahkan Apple inc. yang lebih dahulu menjadi Raja wearable devices.

Berapa angka yang dibutuhkan Xiaomi untuk mengalahkan Apple pada Quarter kedua 2017 ini? Tidak kurang dari 3,7 Juta perangkat telah dikirimkan oleh perusahaan yang berbasis di Beijing - China untuk dijual keseluruh dunia. Angka ini ternyata naik 23% jika dibandingkan dengan prestasi Xiaomi ditahun 2016.

Market Share Wearable Divice Q2 2017


Berdasarkan data Strategy Analitics, Xiaomi menguasai 17% market share global. Lalu berapakah perolehan Apple? Ternyata Apple hanya mendapatkan 13% market share global dalam hal wearable device. Bahkan peringkat Apple turun dua peringkat dari Q1 tahun 2017 menjadi peringkat tiga.

Kunci sukses Xiaomi mengalahkan Apple adalah produk Mi Band fitness trackers yang ternyata sangat populer di China. Keunggulan utama Mi Band fitness trackers ini adalah harga yang kompetitif namun sanggup memberikan fitur-fitur canggih. Beberapa fitur canggih tersebut diantaranya :

1. Heart-rate monitors
2. Step-counters
3. Calendar alerts

Penjualan Fitbit 


Untuk yang menjadi juara kedua dalam hal market share wearable device adalah Fitbit yang berhasil mengapalkan 3,4 juta perangkat ke seluruh dunia. Prestasi kurang menggembirakan telah ditorehkan perusahaan ini untuk tahun 2017. Dibandingkan tahun lalu telah terjadi penurunan tajam di tahun ini sebesar 40% karena tahun Q2 tahun 2016 Fitbit telah mengapalkan 5,7 juta perangkat ke seluruh dunia. Pendapat Fitbit juga menurun drastis dari sebelumnya 578 juta Dollar kini hanya menjadi 353 juta Dollar.


Nampaknya perusahaan ini terjebak dalam klasifikasi segmen yang ingin disasarnya. Apakah ingin melawan perangkat low-end fitnes band yang dijual oleh Xiaomi atau ingin melawan  high-end smart watches yang dijual oleh Apple. Hal itulah yang menyebabkan Fitbis tidak berhasil menjadi juara 1.



Nasib Apple sebenarnya tidak terlalu buruk, karena berdasarkan data penjualan Apple telah terjadi peningkatakan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Q2 tahun 2017 Apple telah berhasil mengapalkan 2,8 juta perangkat, atau naik 56% dibandingkan tahun lalu yaitu sebesar 1,8 juta perangkat. Kekalahan Apple kemungkinan disebabkan oleh kurangnya produk-produk Apple untuk mensuplai Fitness Band dalam jumlah yang besar.

Menghadapi hal tersebut Apple tidak tinggal diam. Sejumlah langkah telah disiapkan diantaranya membuat  Watch Series 3 yang lebih baik. Rumor yang beredar Watch Series 3 buatan Apple akan ditingkatkan fungsi tracking kesehatan. Memang trend wearable device yang support untuk olah raga dan kesehatan kini lebih diminati jika dibandingkan dengan wearable yang canggih yang fashionable semata. Akankah Apple kembali tampil menjadi juara atau semakin tenggelam kebawah tahun ini? Kita tunggu saja hasilnya.

Labels:

Post a Comment

Belajar "Millennial Marketing" dari Jokowi

foto.kompas.com Berdasarkan data Balai Pusat Statistik jumlah penduduk Indonesia tahun 2017 adalah 261,89 juta jiwa. Sebanyak 85 ju...

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget