Kumpulan komentar pribadi

Cara Menghapus Chromium Yang Tidak Mau Uninstall 2017

Chromium Palsu


Hallo semua,

saya mau sharing pengalaman kemarin saya berjuang keras untuk menghapus aplikasi Chromium yang tiba2 saja ada di laptop saya. Tanpa sebelumnya saya ketahui persis darimana asalnya. Aplikasi ini logonya seperti logo browser chrome milik Google hanya bedanya ini berwarna biru.

Memang ada sih aplikasi Chromium yang asli sama-sama berwarna biru. Kalau aplikasi yang asli pasti bisa di uninstall di control panel. Nah  . . . aplikasi chromium palsu ini tidak bisa di uninstall di control panel.

Saya menggunakan antivirus avast yang selalu saya update setiap kali terkoneksi internet. Dan saya setiap hari konek internet. Karena tidak membuahkan hasil, saya coba install antivirus baru dari Kasperksy. Hasilnya juga tidak berhasil mendeteksi virus aplikasi tersebut.

Gejala infeksi virus Chromium :

1. Adanya aplikasi Chromium Browser yang tidak dapat di uninstall di control panel
2. Ketika menggunakan browser Google Chrome asli URL setiap kali mencari sesuatu pasti dialihkan ke yahoo search. Tapi kalau buka www.google.com lalu mencari sesuatu didalam halaman google tidak dialihkan ke yahoo search. Khusus untuk pencarian default di URL bar saja yang otomatis dialihkan ke yahoo search. Meskipun default search engine yahoo sudah dihapus dan diganti menjadi Google atau Bing tetap dialihkan ke yahoo search. (menyebalkan sekali)
3. Ketika sedang browsing tiba-tiba browser google chrome maupun firefox membuka jendala baru menuju website2 yang tidak jelas. Bahkan kadang situs porno. Dan ini sangat-sangat mengganggu dan menyebalkan.


Langkah-langkah yang sudah saya tempuh untuk menyelesaikan masalah ini diantaranya :

1. Scan menggunakan antivirus Avast dan Kaspersky hasilnya GAGAL

2. Uninstall Menggunakan Express Uninstaller hasilnya GAGAL


Express Uninstaller

Saya gagal menggunakan aplikasi ini karena harus pakai fitur yang berbayar untuk melanjutkan proses.

3. Hapus manual file2 Chromium dan file mencurigakan BERHASIL!
Lokasi File Chromium disimpan


Akhirnya berhasil juga Uninstall Chromium dengan cara menghapus file2 mencurigakan diatas. Saya sarankan anda untuk membuat hidden file jadi visible (bisa googling) lalu menuju Local Disc (C:) -> Users -> Windows -> AppData -> Local.

Hapus folder Chromium dan GDIFONTCACHEV1 atau apalah itu serta file2 yang aneh dibawah. Sebab bila hanya folder Chromium saya yang dihapus, nanti bisa kembali lagi folder itu. Setelah dihapus segera masuk control panel lalu hapus Chromium (googling untuk cara uninstall di control panel).

FileYang Saya Hapus





Ada beberapa kemungkinan aplikasi ini masuk di laptop saya. Diantaranya adalah install aplikasi gratis yang asal di yes next yes next aja tanpa dilihat ternyata dia meminta ijin kepada kita untuk install aplikasi2 lain selain yang benar2 akan kita install. Jadi hati2 aja kalau install aplikasi gratis kaya KMP Player dll . . .

Oke sekian sharing dari saya. Semoga bermanfaat.

Terima kasih.
Labels:

Post a Comment

aplikasi bangsat banyak virus

Belajar "Millennial Marketing" dari Jokowi

foto.kompas.com Berdasarkan data Balai Pusat Statistik jumlah penduduk Indonesia tahun 2017 adalah 261,89 juta jiwa. Sebanyak 85 ju...

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget